ARANG AKTIF

Mengenal activated charcoal alias arang aktif.



 ARANG AKTIF


Arang aktif (activated charcoal) adalah arang yang telah dipanaskan dengan cara mengembangkan banyak ruang kecil atau 'pori-pori' di dalamnya. Hal inilah yang menjadikan arang sebagai zat yang mampu menyerap racun dan kotaran lainnya dengan maksimal.

Atau dalam wikipedia online artinya sebagai berikut: Karbon aktif, atau sering juga disebut sebagai arang aktif, adalah suatu jenis karbon yang memiliki luas permukaan yang sangat besar. Hal ini bisa dicapai dengan mengaktifkan karbon atauarang tersebut.

Beragam manfaat dari arang aktif untuk kesehatan dan kecantikan/kosmetik.

Salah satu manfaat arang aktif untuk kesehatan adalah norit. Norit bermanfaat untuk mengobati keracunan dan gangguan pencernaan, seperti perut kembung dan diare. Penggunaannya tentu saja harus secara terukur dan hanya yang faham saja seperti petugas kesehatan atau orang -orang yang konsentrasi masalah kesehatan seperti ahli herbal.

Sedangkan produk kecantikan/kosmetik berbahan dasar arang aktif biasa dikenal dengan sebutan "Sabun Arang". Sekarang sudah banya di temukan dengan berbagai merk dan iklan juga sudah gampang di dapatkan di toko-toko. Karena produsen produk kecantikan tentu saja paham dengan adanya banyak manfaat dari arang aktif maka di buatlah produk dengan arang aktif tersebut

Dalam berbagai sumber disebutkan bahwa zat arang yang diaktifkan sudah lama dikenal sebagai pengikat dan penawar racun dalam tubuh. Sehingga racun tidak lantas menyebar dan merusak sel-sel yang lain. Sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Zat ini biasanya dihasilkan dari tempurung kelapa atau serbuk kayu. Zat arang akan kemudian diaktifkan untuk memperbesar luas permukaan dan meningkatkan daya ikatnya.  Proses pengaktifan tersebut dilakukan dengan cara merendam zat arang dalam bahan-bahan kimia tertentu. Dalam proses ini yang menetukan keberhasilan pengaktifan zat arang. Dan ini hanya di lakukan oleh petugas khusus.


Kemudian arang aktif akan diolah dan dikemas dalam bentuk pil atau bubuk. Agar memudahkan konsumen dalam mengkonsumsi. Dengan takaran atau dosis yang tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ARANG AKTIF"

Post a Comment