ARANG TEMPURUNG KEDIRI I 085749074071

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa yang utama di dunia. Dapat dilihat dari jumlah ekspor kelapa dan luas areal tanaman kelapa pada tahun 2000 mencapai 3,76 juta ha, dengan total produksi diperkirakan sebanyak 14 milyar butir kelapa, yang sebagian besar (95%) merupakan perkebunan rakyat. Kelapa mempunyai nilai dan peran yang penting baik ditinjau dari aspek ekonomi maupun sosial budaya.
Pemanfaatan buah kelapa umumnya hanya daging buahnya saja untuk dijadikan kopra, minyak dan santan untuk keperluan rumah tangga, sedangkan hasil sampingan lainnya seperti tempurung kelapa belum begitu banyak dimanfaatkan. Bobot tempurung mencapai 12% dari bobot buah kelapa. Dengan demikian, apabila secara rata-rata produksi buah kelapa per tahun adalah sebesar 5,6 juta ton, maka berarti terdapat sekitar 672 ribu ton tempurung yang dihasilkan. Potensi produksi tempurung yang sedemikian besar belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk kegiatan produktif yang dapat meningkatkan nilai tambahnya.
Apalagi dipasar di buang sia-sia atau kalaupun di beli oleh pengepul nilainya rendah sekali sedangkan pemanfaatan kelapa terus berlanjut bahkan meningkat tiap tahunnya. apalagi data diatas adalah data tahun 2000 padahal sekarang tahun 2020 sehingga kurun waktu yang lumayan lama ini juga mempengaruhi jumlah data penggunaan atau pemanfaatan kelapa.
Salah satu produk yang dibuat dari tempurung kelapa adalah pembuatan arang tempurung yang pada proses selanjutnya akan dapat diolah menjadi arang aktif ataupun briket. Jadi arang tempurung merupakan bahan baku untuk industri arang aktif. Pembuatan arang tempurung ini belum banyak yang melakukannya, padahal potensi bahan baku, penggunaan dan potensi pasar cukup besar.
Dari aspek teknologi, pengolahan arang tempurung kelapa relatif masih sederhana dan dapat dilaksanakan oleh usaha-usaha kecil. Padahal pemanfaatan arang tempurung sudah makin di minati oleh pengusaha-pengusaha rumah makan karena selain bara apinya awet juga dapat sebagai pengawet alami makanan. 
Maka kami di Kediri Jawa timur yang awalnya hanya jualan arang untuk sate saja menjadi merambah memasarka arang batok kelapa ini. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ARANG TEMPURUNG KEDIRI I 085749074071"

Post a Comment