Cara Menyalakan Arang Briket dengan Cepat dan Praktis


Cara Menyalakan Arang Briket dengan Cepat dan Praktis


foto dari google.com

Mau pesta BBQ tapi masih membayangkan susahnya menyalakan arang briket? Mau menyalakan arang briket untuk memanggang BBQ ? Sebenarnya ada banyak cara menyalakan arang dengan cepat dan praktis. Kita tidak perlu menunggu lama untuk menghidupkan bara api pada arang jika tahu caranya. Semuanya ada triknya. Siapkan saja bahan-bahan yang bisa dipakai untuk menyalakan arang ini ternyata sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari, meskipun ada beberapa media untuk menyalakan arang yang harus dibeli terlebih dahulu.

1. Minyak Tanah
Ya benar dengan minya tanah sangat ampuh sekali. Media yang paling ampuh dan banyak dipakai untuk menyalakan arang, tentu pikiran kita tidak bisa lepas dari minyak tanah. Bahan bakar dengan aroma yang menyengat ini memang bisa membantu Anda menyalakan arang dengan sangat cepat. Dalam sekejap, arang bisa terbakar api setelah disiram minyak tanah.
Caranya, tuangkan minyak tanah secara merata ke seluruh bagian arang. Sebelum menyalakan api, biarkan minyak tanah meresap ke dalam arang. Dengan cara ini, api akan menyala dengan mudah dan lebih besar. Lalu biarkan briket menjadi bara. Kekurangannya adalah sekarang mencari minyak tanah juga agak susah dan harganya pun melambung.

2. Cerobong Arang
Cara lainnya adalah dengan cerobong arang. Anda bisa menggunakan cerobong arang yang sudah banyak dijual di pasaran. Cerobong ini dapat dipakai untuk membakar arang biasa atau arang briket.
Nah yang ini agak bermodal ya, hehe.

4. Api Kompor
Ini cara yang lebih ekonomis. Api kompor adalah media yang paling mudah untuk menyalakan arang. Anda hanya perlu membakar arang di atas api kompor sampai bara apinya keluar.
Masih bingung bagaimana cara menyalakan arang dengan menggunakan api kompor? Caranya sebagai berikut ini:
Letakkan arang di dalam penjepit panggangan.
Nyalakan kompor Anda dengan api sedang.
Bakar arang yang sudah dimasukkan ke dalam penjepit di atas api kompor.
Tunggu selama beberapa saat sampai arang briket mengeluarkan bara api.
Setelah arang sudah menyala, pindahkan arang ke tempat pemanggangan dan mulailah memanggang makanan di atas arang briket tersebut.

6. Minyak Sayur
Menggunakan minyak sayur ini lebig efisiesn lagi karena bisa saja yang di pakai adalang minyak sayur bekas. Membuat bara api dari minyak tanah memang dapat membuat makanan yang dipanggang di atas api tersebut jadi berbau minyak tanah. Oleh karena itu, cobalah membuat arang menyala dengan minyak sayur alias minyak goreng. Selain tidak berbau, minyak goreng juga aman untuk makanan yang dipanggang di atas arang tersebut. Caranya arang di siram minyak sayur lalu biarkan meresap lalu biarkan beberapa saat lalu nyalakan api dan biarkan membara terlebih dahulu baru arang briket di gunakan untuk memanggang masakan.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Menyalakan Arang Briket dengan Cepat dan Praktis"

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete